Selasa, 24 Juli 2007

ABSTRAK



Species penyu yang ditemukan dan masih berkembangbiak di pesisir Kabupaten Lampung Barat adalah : Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea), Penyu Hijau (Chelonia mydas), Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea) dan Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata).

Daerah makan (foraging habitats) bagi seluruh jenis penyu yang ada di Lampung Barat mencakup daerah yang luas dengan rincian sebagai berikut : Kecamatan Lemong dengan estimasi luas daerah makan 368,11 ha, Pesisir Utara (125 ha), Karya Penggawa (101,57 ha), Pesisir Tengah (240,30 ha), Pesisir Selatan (328,78 ha) dan daerah makan penyu yang terluas adalah di Kecamatan Bengkunat (1,2 juta ha).

Daerah bertelur penyu (nesting area) di Lampung Barat yang masih menjadi daerah pendaratan penyu adalah pantai di Kecamatan Bengkunat yaitu seluas 530 ha.

Penyu memegang peranan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem terumbu karang. Musnahnya penyu akibat perburuan induk dan telurnya, menjadi ancaman besar bagi kelangsungan hidup biota ini dan ketersediaan stok ikan di perairan Kabupaten Lampung Barat.

Berdasarkan hasil Kajian Habitat dan Populasi Penyu di Kabupaten Lampung Barat diperoleh jumlah populasi induk betina penyu sebanyak 308 ekor.




2 Komentar:

Blogger ti unwim 97 mengatakan...

lanjutkan perjuangan... jangan pernah berhenti, kita berhenti krn lelah penyu musnah krn kita lengah..

Rabu, 29 Juli, 2009  
Blogger Unknown mengatakan...

Cool blog, turtle is the most independent animal.

Kamis, 16 September, 2010  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda